4 Kenikmatan Yang Allah Ta’ala Anugerahkan Pada Penduduk Syurga

image

Kehidupan di syurga sangat berbeda dengan kehidupan di dunia.

Di Syurga tidak ada lagi ujian-ujian seperti ketika hidup didunia.  Karena di Syurga semua tentang balasan pahala kebaikan atas segala amal ibadah yang dilakukan selama hidup didunia.

Dunia merupakan ladang akhirat disinilah kita beramal ibadah melaksanakan semua perintah ALLAH SUBHAANAHU WATA’ALA dan tuntunan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Allaihi Wa Sallam.

Waktu begitu berharga jangan pernah kita sia-siakan…Amatlah rugi bila kita sia-siakan waktu di dunia dengan hal yang tidak berfaedah bagi kehidupan di Akhirat kelak. Sedang waktu kematian senantiasa mengejar kita, kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal usia.

Karena itu marilah kita sama-sama mempersiapkan bekal untuk hidup diakhirat yang kekal Abadi. Dengan melaksanakan perintah ALLAH TA’ALA dan mengamalkan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Dengan begitu kita mempunyai tujuan dan matlamat hidup yang jelas.
Semoga kita memperoleh keridhaan ALLAH TA’ALA dan Syafa’at Nabi Muhammad Shallallahu ‘Allaihi Wa Sallam…sehingga kita dipermudahkan untuk masuk ke Syurga-NYA. In Shaa Allah Aamiin.

Berikut ini 4 Kenikmatan di Syurga yang pasti diberikan pada hamba-NYA yang bertaqwa.

1. Kebahagiaan ( Tidak ada lagi rasa sakit / penderitaan )

Sementara manusia di dunia ini mendapatkan kesenangan, mereka juga menghadapi banyak musibah dan penderitaan. Semua itu merupakan ujian yang diberikan untuk mengetahui kekuatan Iman kita.

Jika kita menganalisa kehidupan yang kita jalani, kita akan menemukan bahwa jumlah masalah yang kita hadapi jauh melebihi kemudahan dan kesenangan yang kita rasakan.

Adapun kehidupan didalam syurga, tidak pernah ada kesulitan atau penderitaan di dalamnya, dan orang-orang akan hidup dalam suka cita penuh kebahagiaan dan kedamaian di dalamnya.

Semua hal yang menyebabkan kesedihan, rasa sakit, dan penderitaan yang manusia alami di dunia ini tidak ada di dalam syurga.

2. Kekayaan

Ketika seseorang memikirkan tentang kesuksesan dalam hidup ini, mereka biasanya membayangkan rumah besar, perhiasan, pakaian mahal, dan mobil mewah; harta yang melimpah dipandang sebagai kunci untuk hidup bahagia.
Bagi kebanyakan orang, kesuksesan tak jauh dari soal harta kekayaan, meskipun hal ini tidak benar.

Sering kita melihat orang-orang yang hidup dengan kekayaan melimpah dan penuh kemewahan namun kehidupannya tidak tenang atau sengsara. Kekayaan adalah sesuatu yang secara naluriah manusia sangat inginkan bagaimana pun caranya.

Ketika keinginan tersebut tidak terpenuhi, hal ini menyebabkan kesedihan dalam diri seseorang. Karena itulah, Allah Ta’ala telah menjanjikan para penghuni surga bahwa mereka akan memiliki semua yang mereka inginkan berkenaan dengan kekayaan dan harta benda, baik bagi mereka yang sangat miskin ketika di dunia, dan juga bagi mereka yang berkecukupan namun menginginkan lebih lagi.
Sebagaimana Firman ALLAH TA’ALA :

“Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam syurga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.” (Al-Quran 43:71)

“(kepada mereka dikatakan): “Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu.” (Al-Quran 69:24)

“…dalam syurga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (Al-Quran 18:31)

3. Terbebas dari Penyakit dan Kematian

Salah satu penyebab dari rasa sakit dan penderitaan dalam hidup ini adalah datangnya penyakit dan kematian , dimana kedua hal ini tidak ada lagi dalam syurga.

Tidak ada orang yang akan merasakan sakit atau menderita dalam syurga.
Nabi Muhammad shalallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda tentang para penghuni syurga:

“Mereka tidak akan pernah jatuh sakit, membuang ingus, atau meludah.” (Shahih Al-Bukhari)

Tidak akan ada kematian dalam syurga. Semua orang akan hidup kekal menikmati kesenangan di dalamnya.
Nabi Muhammad Shallallahu’Allaihi Wa Sallam mengatakan bahwa seorang penyeru akan berseru ketika manusia memasuki syurga:

“Sesungguhnya kalian akan tetap sehat dan tidak pernah sakit lagi, kalian akan tetap hidup dan tidak pernah mati lagi, kalian akan tetap muda dan tidak pernah tua renta lagi, kalian akan terus berbahagia, dan tidak pernah merasa sedih dan menderita lagi.” (Shahih Muslim)

4. Hubungan Sosial yang Baik

Segala kesedihan , kekecewaan yang dirasakan akibat keretakan dalam hubungan Silahturahim dengan kerabat, tetangga atau orang lain ,  kata-kata yang jahat atau menyakitkan, kebencian , kecemburuan , dendam semua itu tidak akan ada lagi dalam surga. Mereka hanya akan mendengar kata-kata yang baik yang mendamaikan.

Sebagaimana Firman ALLAH TA’ALA :

“Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.”(Al-Quran 56: 25-26)

Tidak akan ada permusuhan antara satu sama lain atau saling menyakiti hati:

“Dan Kami cabut segala macam dendam yang berada di dalam dada mereka…”(Al-Quran 7:43)

Rasulullah Shalallahu ‘ Allaihi Wa Sallam bersabda:

“Tidak akan ada kebencian atau dendam di antara mereka, hati mereka akan menjadi satu, dan mereka memuliakan Allah di pagi dan sore.” (Shahih Al-Bukhari)

Manusia akan memiliki sahabat-sahabat terbaik di syurga, yang juga merupakan orang-orang terbaik di dunia:

“Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni’mat oleh Allah Ta’ala , yaitu : Nabi-nabi, orang-orang yang teguh dalam kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya!” (Al-Quran 4:69)

Subhaanallaah Walhamdulillah Walaa illaaha illallaahu Allahu Akhbar…

Begitu besar nikmat yang akan ALLAH SUBHAANAHU WATA’ALA Anugerahkan pada semua hambaNYA yang ta’at melaksanakan perintahNYA dan Sunnah Rasulullah Shallallahu Allaihi Wassalam.

Semoga setelah membacanya kita senantiasa diberikan hidayah-NYA dan benar-benar meluruskan niat dan tujuan hidup kita… sehingga kita selamat masuk ke Syurga-NYA yang Indah kekal Abadi. 

In Shaa Allah

getaranqalbu.wordpress.com

Leave a comment